Pada Hari Guru Nasional, Kemendikbud Ristek Ajak Seluruh Guru Untuk Menciptakan Perubahan dan Berinovasi

- Jumat, 25 November 2022 | 19:33 WIB
Pada Hari Guru Nasional, Kemendikbud Ristek Ajak Seluruh Guru Untuk Menciptakan Perubahan dan Berinovasi (kemendikbud.go.id)
Pada Hari Guru Nasional, Kemendikbud Ristek Ajak Seluruh Guru Untuk Menciptakan Perubahan dan Berinovasi (kemendikbud.go.id)

AYOINDONESIA.COM -- Jum’at, 25 November 2022, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memimpin upacara.

Upacara yang dilaksanakan pada hari itu atas peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 di halaman Kompleks Kemendikbud Ristek, Jakarta.

Dalam upacara tersebut Nadiem mengajak seluruh guru untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan untuk menuju ke masa depan.

Dalam pidato tersebut Nadiem menyebutkan selama ia ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan memperlakukan program Merdeka berbagai rintangan telah dilaluinya.

Baca juga: Beda Banget! Ternyata Ini Fakta dan Perbedaan Hari Guru Nasional serta Hari Guru Sedunia

Hal tersebut masih bertahan sampai sekarang dikarenakan kemauan kita untuk terus berubah dan meninggalkan kebiasaan lama yang tidak sesuai lagi dengan kebutuhan zaman.

Disamping adanya keinginan perubahan, pasti ada juga yang ragu dalam melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, dikarenakan nyaman dengan yang biasa dilakukan. Dalam hal ini maka belum disebut sebuah perubahan.

Nadiem juga menyebutkan perubahan yang dimaksud juga tidak hanya berlaku bagi guru saja, ini mencakup seluruh pegawai yang ada di Kemendikbud Ristek, baik itu pendidik maupun non-pendidik.

Adapun beberapa kinerja Nadiem selama menjadi Menteri untuk para guru dalam Merdeka Belajar adalah terciptanya Platform Merdeka Mengajar, Program Guru Penggerak, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan pengangkatan guru honorer menjadi ASN.

Nadiem lanjut menjelaskan bahwa gunanya platform Merdeka Mengajar dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidik akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi.

Halaman:

Editor: Septina Ayu Handayani

Sumber: Kemendikbud Ristek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X