Mengapa Setelah Divaksin Masih Terkena Covid-19? Ini 4 Penyebabnya

- Rabu, 15 September 2021 | 13:59 WIB
ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

 AYOINDONESIACOM--Apakah setelah divaksin masih bisa kena Covid-19? Atau mengapa usia divaksin masih juga terkena virus Corona. Masih banyak pertanyaan demikian dari masyarakat. 

Namun, para peneliti di University of East Anglia, Norwich, Inggris Raya mengatakan ada beberapa hal yang berkontribusi pada seberapa baik tubuh manusia merespons vaksin Covid-19.

 Sebab, walau sudah divaksinasi, orang masih dapat tertular Covid-19 karena tidak ada vaksin yang 100 persen efektif.

Peneliti di University of East Anglia, Vassilios Vassiliou, mengungkapkan, ada empat hal yang membuat orang mungkin tertular Covid-19 meskipun sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap. Berikut penjelasan Vassiliou mengenai kasus terbosan alias breakthrough infection Covid-19, dikutip dari laman The Sun, Rabu, seperti diwartakan Republika.co.id

Baca Juga: Mengenal Efikasi dan Efek Samping 3 Vaksin Covid-19 Baru yang Digunakan Indonesia

1. Jenis vaksin

Di Inggris, ada tiga jenis vaksin yang telah diberikan kepada masyarakat. Para ahli mengatakan, kasus terobosan terkait dengan pengurangan risiko relatif yang ditawarkan oleh tiap vaksin.

Uji coba klinis menemukan bahwa vaksin Moderna mengurangi risiko seseorang terkena gejala Covid-19 sebesar 94 persen. Sedangkan vaksin Pfizer mengurangi risiko ini hingga 95 persen.

"Vaksin Johnson & Johnson dan AstraZeneca berkinerja kurang baik, mengurangi risiko ini masing-masing sekitar 66 persen dan 70 persen," kata Vassiliou.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Kota Blitar Terbaru

Selasa, 28 September 2021 | 13:54 WIB
X