Ssstt, Ini Dia Rahasia Harga Monstera Varigata dari Lereng Lawu Bisa Ratusan Juta

- Rabu, 15 September 2021 | 16:28 WIB
Monstera King Varigata asal Lereng Lawu Karanganyar (Solopos.com)
Monstera King Varigata asal Lereng Lawu Karanganyar (Solopos.com)

KARANGANYAR, AYOINDONESIA.COM-- Beberapa waktu lalu warganet sempat digegerkan dengan adanya postingan sepasang suami istri asal Kota Solo yang membeli tanaman hias Monstera King Varigata dari Lereng Gunung Lawu, Karanganyar seharga Rp225 juta. Lantas apa yang membuat tanaman tersebut bisa mencapai harga selangit, bahkan disebut-sebut ada yang setara satu rumah.

Dilansir dari Solopos, yang membuat Monstera King Varigata mencapai ratusan juta tak lain karena memiliki warna dan karakter daun yang istimewa jika dibandingkan dengan jenis tanaman lain. Termasuk dari varian Monstera lainnya. Sebagaimana diketahui, tanaman hias tersebut memang memiliki banyak varian.

“Kalau Monstera bagian tengah punggung daunnya itu bolong-bolong, kesannya seperti sobek tapi itu memang ciri khasnya. Nah dari varian ini memang yang paling mahal itu yang King atau white tiger, harganya bisa mencapai ratusan juta kalau sudah besar,” ujar salah satu petani sekaligus pedagang tanaman hias di Karanganyar, Sariyanto alias Wibisono.

Pria yang kerap sapa Wibi itu, mengatakan semakin besar dan banyak daunnya maka otomatis semakin mahal harga jual tanaman itu. Apalagi, seperti namanya, Monstera King Varigata memang memiliki ukuran cenderung besar.

“Kalau yang masuk kategori kecil itu biasanya yang punya satu hingga empat daun, kalau sudah memiliki daun lebih dari lima sudah disebut remaja,” ujarnya.

Ditanya soal transaksi tanaman hias berharga mahal itu, Wibi menceritakan keinginannya menukar satu unit mobil Honda Jazz RS keluaran terbaru seharga Rp250 juta. Mobil miliknya itu akan ditukar dengan Monstera White Tiger milik rekan sesama petani tanaman hias di Kecamatan Tawangmangu.

“Kadang kan ada yang enggak mau dinilai dengan uang. Maunya menukar mobil. Itu kan juga trik supaya dapat barang [tanaman hias]. Ini saya tawarkan empat mobil untuk ditukar dengan tanaman hias. Ada Honda Stream, Toyota Avanza Veloz, Honda Jazz RS, dan Honda City,” tutur lelaki yang mengaku memiliki 14 unit mobil itu.

Bahkan, lanjut dia, sejumlah petani maupun pedagang tanaman hias itu menukar dengan satu unit rumah. Dia mencontohkan dua orang kenalannya hendak menukar satu unit rumah di daerah Jaten dan Tasikmadu dengan tanaman hias.

Di sisi lain, petani sekaligus pedagang tanaman hias di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Dwi Haryanto, menuturkan berjualan tanaman hias tidak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya harga tanaman hias merosot tajam dan pembelian lesu. Dwi menyebut momen itu sebagai ujian kesabaran dan nyali.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Solopos

Terkini

Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Kota Blitar Terbaru

Selasa, 28 September 2021 | 13:54 WIB
X