Tak Mau Bernasib Sama dengan Brebes, Gibran : Pokoknya Harus Patuhi Prokes

- Rabu, 15 September 2021 | 18:24 WIB
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (Putrisejati)
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (Putrisejati)

SOLO, AYOINDONESIA.COM-- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) jika tidak ingin kota bengawan bernasib sama dengan Kabupaten Brebes, yang kembali naik level menjadi 4 dari sebelumnya level 3.

“Makanya masyarakat prokesnya jangan kendor. Kita sudah susah payah turun level dari 4 menjadi 3 jangan sampai nanti malah naik lagi. Mari jaga bersama, jangan euforia dulu, menggelar pesta atau keramaian,” ujarnya kepada wartawan usai mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surakarta, Pasarkliwon, Rabu, 15 September 2021.

Sebagaimana diketahui, sebelum turun menjadi level 3, Gibran sempat mengalami dua kali kekecewaan. Sebab dalam dua kali Inmendagri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Kota Solo masih dinyatakan masuk dalam level 4 padahal saat itu angka kasusnya sudah jauh melandai. Namun akhirnya dinyatakan turun level pada tiga pekan lalu, setelah secara aglomerasi angka kasus di Solo Raya menurun.

“Kalau sampai naik lagi ke level 4 yang susah juga masyarakat. Semuanya tidak boleh dilakukan. Makanya sabar dulu, tahan diri dulu. Harapannya kita bisa turun lagi ke level 2,” ucap Gibran.

Ia pun optimistis jika satu atau dua pekan lagi level PPKM Kota Solo akan kembali turun. Sebab saat ini angka harian kasus Covid-19 sangat kecil, pun dengan Bed Occupation Ratio (BOR) isolasi di rumah sakit juga terus turun. Sehingga mengindikasikan semakin sedikit warga yang dirawat karena terpapar Virus Corona. “Capaian vaksinasi kita juga sudah tinggi,” katanya.

Saat ini dengan status Level 3, Gibran memang memberikan banyak pelanggaran khususnya untuk kegiatan ekonomi masyarakat. Sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/2899 tentang PPKM Level 3, putra Presiden Jokowi itu memperbolehkan bioskop kembali buka.***

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Terkini

Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Kota Blitar Terbaru

Selasa, 28 September 2021 | 13:54 WIB
X