Evaluasi PTM, Pemkot Solo Lakukan PCR di 29 Sekolah Berbagai Jenjang

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:41 WIB
Petugas DKK Solo mengambil spesimen untuk pemeriksaan tes Covid-19 dengan metode PCR di SDN Cemara 2 Solo.  (Putrisejati)
Petugas DKK Solo mengambil spesimen untuk pemeriksaan tes Covid-19 dengan metode PCR di SDN Cemara 2 Solo. (Putrisejati)

SOLO,AYOINDONESIA.COM-- Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota bengawan telah berjalan lebih dari sebulan, untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pun melakukan sejumlah langkah evaluasi.

Salah satunya adalah dengan melaksanakan tes Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap sejumlah sampel siswa dan guru di sekolah yang telah ditunjuk Dinas Pendidikan (Disdik). Mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di tiap-tiap kecamatan.

"Jadi ini adalah untuk evaluasi PTM, sebagaimana program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dengan melakukan tes PCR terhadap sampling guru dan siswa di sekolah yang telah ditunjuk Disdik," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih saat ditemui wartawan, Kamis, 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Novel Baswedan Resmi Bikin Channel Youtube, Simak Kontennya !

Ning, panggilan akrabnya mengatakan, ada 29 sekolah yang telah ditunjuk untuk menjadi sampel pelaksanaan evaluasi PTM berupa tes PCR. Dimana masing-masing sekolah ada 30 orang, baik guru maupun siswa yang akan diswab PCR.

"Semua sekolah sudah diberitahu jadwalnya semua. Jadi bukan seperti swab acak ya, tapi memang ada jadwalnya. Dimulai 13 Oktober kemarin sampai tanggal 21 Oktober mendatang," ucapnya.

Ia berharap dari hasil tes PCR di 29 sekolah yang menjadi sampel tidak ditemukan adanya hasil yang positif Covid-19. Karena hal tersebut akan menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) selama PTM berjalan.

Baca Juga: Polemik Banteng vs Celeng, Begini Tanggapan Mantan Wali Kota Solo

"Dari sini harapannya negatif semua. Kalau toh sampai ada yang positif langsung kita tindaklanjuti segera, tapi mudah-mudahan ndak ada apa-apa ya," imbuh Ning.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tempat Wisata di Purwokerto yang Instagramable

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:11 WIB

5 Kunci Membangun Mental Baja Seperti Jack Ma

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:22 WIB
X