Tempo Doeloe : Sejarah Uang Kepeng Tionghoa di Indonesia

- Kamis, 4 November 2021 | 15:23 WIB
Uang kepeng Tionghoa sudah beredar di Indonesia dari abad ke-7. Sampai awal abad ke-20 uang kepeng masih digunakan di beberapa tempat di Indonesia. (Pixabay)
Uang kepeng Tionghoa sudah beredar di Indonesia dari abad ke-7. Sampai awal abad ke-20 uang kepeng masih digunakan di beberapa tempat di Indonesia. (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM--Uang kepeng Tionghoa atau disebut juga tangtji termasuk ke dalam mata uang yang lama sekali digunakan di Indonesia sebagai alat pembayaran yang sah.

Kepeng sudah ada di Indonesia sebelum Belanda masuk ke Indonesia. Bahkan kapal Belanda pertama yang datang ke Indonesia membekali dirinya dengan uang kepeng.

Uang kepeng ini punya banyak nama di Indonesia. Orang Melayu menyebutnya uang keping atau pitis; di Bali disebut pis bolong; di Jawa dinamakan picis, pitjis atau gobok.

Uang yang berasal dari Dinasti Tang ini diperkirakan sudah beredar di Indonesia dari abad ke-7 dan bertahan sampai awal abad 20. Hingga tahun 1926 warga Bali dan Lombok masih menggunakan uang itu.

Baca Juga: Dapat Warisan 300 Gundik dari Ayahnya, Sultan Maroko Memilih Kabur ke Paris

Di Bali, uang kepeng yang disebutkan bentuknya tidak karuan dan kualitasnya jelek itu malah dipandang separuh suci oleh warganya dengan menggunakan untuk upacara-upacara keagamaan.

Cerita tentang uang kepeng ini bisa ditemukan dalam tulisan berjudul “Hikajat Oeang Tionghoa di Indonesia” yang dimuat di mingguan Sin Po edisi No 19, tahun ke-4, terbit 13 November 1926. Berikut tulisan aslinya dengan ejaan sesuai aslinya sebagai bagian dari ikhtiar menceritakan kisah-kisah tempo dulu berdasarkan koran-koran lama:

 

Doeloe dalem ini weekblad perna dibitjaraken terpakenja oewang Tionghoa koeno (tangtji, kepeng) di Indonesia, dan ini memang ada satoe hal jang ada sedikit loear biasa.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Bandang Terjang Garut, Simak Penjelasannya

Minggu, 28 November 2021 | 18:20 WIB

Banjir Bandang Terjang Garut, BNPB Minta Warga Waspada

Minggu, 28 November 2021 | 11:54 WIB

Banjir Bandang Terjang Garut, Puluhan Rumah Warga Rusak

Minggu, 28 November 2021 | 11:41 WIB
X