Greenpeace Ajak Muslim Sikapi Perubahan Iklim, Makkah dan Masjid Nabawi Bisa Kurangi Emisi Karbon

- Senin, 15 November 2021 | 21:36 WIB
Makkah. (Republika)
Makkah. (Republika)

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Greenpeace mengajak muslim dunia turut menyikapi isu perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata 'menyelamatkan bumi'.

Aksi itu bisa dilakukan melalui masjid. Mereka mengatakan, masjid-masjid besar di dunia bisa mempunyai peran besar pada perubahan iklim.

Menurut Greenpeace dengan memasang panel surya di 10 masjid besar di Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Eropa akan menghemat ribuan ton emisi karbon dioksida per tahun.

Mereka juga mengatakan, meningkatkan kinerja lingkungan masjid juga dapat memiliki manfaat yang lebih luas dalam menyoroti pentingnya masalah hijau bagi masyarakat.

Baca Juga: Amnesty Internasional : COP26 Gagal Tangani Perubahan Iklim

Dua masjid besar yang masuk dalam skema itu itu adalah Masjid Al Haram di Makkah, masjid terbesar di dunia, dan Masjid Nabawi di Madinah.

Selain itu, Masjid Pusat Glasgow, di kota Skotlandia tempat konferensi perubahan iklim COP26 diselenggarakan, yang sedang memasang panel surya lewat pendanaan Islamic Relief.

Menyadur The National News, menurut laporan The Green Mosques Initiative, sejumlah kelompok dan pakar lingkungan mendorong komunitas muslim mendukung upaya ini.

Menulis dalam laporan itu, Ghiwa Nakat, direktur eksekutif Greenpeace Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan bahwa solusi yang diinisiasi masyarakat sangat penting dalam menyikapi isu.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Sumber: The National

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X