Masih Aktif di Level 1, Gunung Galunggung Kembali Alami Gempa Tektonik Jauh

- Senin, 10 Januari 2022 | 08:48 WIB
Gunung Galunggung (Ayotasik.com/Irpan)
Gunung Galunggung (Ayotasik.com/Irpan)

AYOINDONESIA.COM -- Gunung Galunggung masih aktif di Level 1. Hal ini ditandai dengan terjadinya gempa tektonik jauh pada Minggu 9 Januari 2022 pukul 24.00.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung melalui https://magma.esdm.go.id/, gempa tektonik terjadi sebanyak dua kali.

Adapun rincian data gempa tektonik jauh tersebut dengan Amplitudo : 1.5 sampai 7.95 mm, S-P : 18.13 detik, Durasi : 41.73 sampai 98.97 detik. Saat ini visual gunung jelas hingga kabut 0-III dan nihil asap kawah.

Sementara cuaca sekitar Gunung Galunggung cerah, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah hingga kencang ke arah barat. Suhu udara 20.2-30.9 °C dan kelembaban udara 66.7-99.6 %. Volume curah hujan 31 mm per hari.

Meski demikian tingkat aktivitas Gunung Galunggung masih berada pada level 1 atau normal. Walau begitu masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan untuk bermalam dan tidak turun ke dalam danau kawah pada saat mendung dan hujan.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 10 Januari 2022, Aldebaran Frustasi karena Masalah yang Datang Tiada Henti

Baca Juga: Harga Emas Antam Senin 10 Januari 2022 Turun Rp1.000

Baca Juga: Link Daftar Buat Akun LTMPT untuk Siswa yang Ikut SNMPTN 2022

Selain itu, masyarakat dan pengunjung tidak diperbolehkan berenang dan mengkonsumsi air danau kawah dikarenakan dapat menimbulkan keluhan atau gangguan kesehatan.

Demikian informasi tentang aktivitas Gunung Galunggung terbaru yang baru saja mengalami gempa tektonik jauh dalam kondisi Level 1.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X