Lonjakan Covid-19 Varian Omicron Diprediksi Terjadi Awal Februari

- Rabu, 12 Januari 2022 | 06:29 WIB
Ilustrasi COVID-19 varian Omicron (Pixabay)
Ilustrasi COVID-19 varian Omicron (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM -- Lonjakan Covid-19 varian Omicron diprediksi bakal terjadi pada awal Februari 2022. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan prakiraan itu berdasarkan pengalaman dari lonjakan Omicron di banyak negara yang terjadi 40 hari setelah kasus pertama ditemukan di negara lain. Ia menyebut penularan Omicron ini lebih cepat dari varian Delta.

"Untuk kasus Indonesia, kami perkirakan puncak gelombang karena Omicron akan terjadi pada awal Februari," kata Luhut dalam jumpa pers, Selasa, 11 Januari 2022.

Meski begitu, Koordinator PPKM Jawa-Bali itu meyakini pasien yang terinfeksi varian Omicron akan bergejala ringan.

Baca Juga: Menu Masakan Sehari hari Tumis Sawi Putih, Sajian Nikmat Sebagai Menu Masakan Rumahan

"Sebagian besar kasus yang terjadi diperkirakan akan bergejala ringan, sehingga nanti strateginya juga akan berbeda dengan varian Delta," ucapnya.

Luhut mengklaim Indonesia jauh lebih siap menghadapi varian Omicron ketimbang menghadapi lonjakan varian Delta pertengahan tahun lalu.

"Tingkat vaksinasi sudah lebih tinggi, kapasitas testing dan tracing kita juga jauh lebih tinggi. Sistem kesehatan kita juga sudah lebih siap, baik dalam hal obat-obatan (termasuk molnupiravir dari Merck), tempat tidur RS, tenaga kesehatan, oksigen, dan fasilitas isolasi terpusat," ucapnya.

Meski begitu, Luhut meminta seluruh pihak untuk menahan diri agar tidak bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat jika tidak ada kepentingan yang mendesak, sebab penularan Covid-19 khususnya varian Omicron tengah meningkat di banyak negara.

Baca Juga: Bahaya Memajang Foto di Rumah Menurut Ustaz Khalid Basalamah, Sebaiknya Simpan di Album

"Kami sekali menghimbau masyarakat untuk tidak bepergian dulu keluar negeri dalam 2-3 minggu depan," tutup Luhut.

Demikian informasi tentang Lonjakan Covid-19 varian Omicron diprediksi bakal terjadi pada awal Februari 2022, dilansir dari Suara.com.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X