Lokasi Ganjil Genap Bogor Hari Ini, Ribuan Kendaraan Diputar Balik

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:29 WIB
Lokasi Ganjil Genap Bogor Hari Ini (Ayobogor.com/Yogi)
Lokasi Ganjil Genap Bogor Hari Ini (Ayobogor.com/Yogi)

AYOINDONESIA - Kota Bogor kembali memberlakukan ganjil-genap kendaraan di sejumlah lokasi mulai hari ini, Sabtu 15 Januari 2022.

Sistem ganjil-genap kendaraan bermotor di Kota Bogor pada hari ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB yang digelar di berbagai lokasi. Dari data petugas hingga sekitar pukul 11.00 WIB ada 2.032 kendaraan roda dua dan 1.439 kendaraan roda empat diputar balik arah.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, menyebutkan hari ini, ada enam lokasi penerapan ganjil-genap di setiap kecamatan di Kota Bogor. Yakni di Air Mancur, Jalan Pajajaran tepatnya di depan RM Bumi Aki, Simpang Baranangsiang, Simpang Jembatan Merah, SPBU Veteran, dan Simpang Batutulis.

Dia mengatakan berdasarkan evaluasi yang dilakukan Polresta Bogor Kota sejak awal Januari, selama dua pekan terakhir terjadi kepadatan dan kerumunan yang berlebihan pada pusat kota. Sehingga pihaknha memutudkan untuk kembali memberlakukan ganjil-genap untuk mengurai kerumunan di pusat kota pada akhir pekan ini.

BACA JUGA: Penjelasan Lengkap Gempa Bumi Skala M 4,7 di Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

“Khususnya menuju tempat wisata Kebun Raya Bogor, dimana Kota Bogor sebagai penyangga ibu kota harus mengantisipasi betul terkait perkembangan virus Omicron di ibukota,” ujar Susatyo ketika ditemui di checkpoint ganjil-genap Simpang Baranangsiang, Sabtu (15/1/2022) dikutip Repbulika-jejaring ayoindonesia.

Ia menjelaskan, ganjil-genap ini akan dilakukan secara situasional berdasarkan situasi yang dipantau di setiap lokasi. Kepadatan di setiap ruas jalur dan jalan utama akan dihitung.

Apabila kepadatan dan kerumunan mulai berkurang, sambung dia, maka Polresta Bogor Kota akan mengurangi intensitas dari ganjil-genap. Pantauan Republika di sejumlah titik check point ganjil-genap, terjadi antrean kendaraan lantaran petugas membagi jalur kendaraan yang boleh melintas dan harus putar balik arah.

“Sekali lagi ini adalah gerakan disiplin menahan diri satu hari saja. Kami berharap ini bisa mengurangi dan juga mendisiplinkan protokol kesehatan terkait dengan mengurangi mobilitas masyarakat menuju tempat tempat wisata di Kota Bogor,” kata Susatyo.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tempat Wisata Paling Hits di Tasikmalaya

Jumat, 28 Januari 2022 | 16:03 WIB

Daftar Lengkap Pemenang Gaon Chart Music Awards 2021

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:56 WIB

Aksi Demo Ormas GMBI di Polda Jabar Berujung Ricuh

Kamis, 27 Januari 2022 | 16:16 WIB
X