Aksi Demo Ormas GMBI di Polda Jabar Berujung Ricuh

- Kamis, 27 Januari 2022 | 16:16 WIB
Aksi Demo Polda Jabar oleh Ormas GMBI berujung ricuh. (Muslim Yanuar Putra)
Aksi Demo Polda Jabar oleh Ormas GMBI berujung ricuh. (Muslim Yanuar Putra)
 
BANDUNG, AYOINDONESIA.COM -- Massa dari Ormas GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) menggelar demo di depan Markas Polda Jabar, Kamis, 27 Januari 2022. Aksi yang dilakukan ini merupakan buntut dari kasus kekekerasan terhadap anggota GMBI di Karawang beberapa waktu lalu.
 
Ormas GMBI dan beberapa ormas lain menuntut Kapolda Jabar menuntaskan kasus tersebut. Namun, aksi yang sempat menutup jalan Soekarno-Hatta ini berakhir ricuh. Sempat terjadi aksi saling dorong antara massa dan petugas. Bahkan, aksi saling dorong berlanjut hingga ke gerbang Mapolda Jabar yang mengakibatkan pintu gerbang roboh. 
 
Petugas juga sempat mengamankan beberapa orang yang diduga menjadi provokator.  Kendaraan Water Canon dikeluarkan untuk mencoba mengurai massa yang beringas. Aksi saling kejar polisi dan massa pun sempat terjadi. 
 
Belum diketahui secara pasti penyebab kericuhan ini. Hingga berita ini diturunkan, massa masih terlihat berkumpul di lokasi. 
 
Demo di depan Mapolda ini membuat macet total kendaraan yang melintas di Jalan Raya Bypass Soekarno Hatta Kota Bandung sejak pukul 10.00 tadi pagi. Massa dengan leluasa melakukan demo di jalur cepat dan jalur lambat Bypass Soekarno Hatta.
 
Selain melakukan orasi, massa juga membakar keranda mayat dan ban di tengah jalan raya. Sementara, penjagaan di luar gerbang Mapolda Jabar hanya dilakukan oleh Polantas untuk mengatur lalu lintas di Jalan Raya Bypass.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Anime Berlatar Seperti Weathering with You

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:16 WIB

PMK Merebak, Pemkab Tasik Belum Beri Stimulan

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:05 WIB
X