DPRD dan Gubernur Jabar Sepakat Pemekaran DOB Tasela, Warga : Alhamdulilah

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (instagram.com/@ridwankamil)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (instagram.com/@ridwankamil)

TASIKMALAYA, AYOINDONESIA.COM - DPRD Provinsi Jawa Barat dan Gubernur Jawa Barat akhirnya menyetujui pembentukan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) yakni Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Tasela), Kabupaten Cianjur Selatan dan Kabupaten Garut Utara.

Kesepakatan itu, bahkan tertuang dalam persetujuan bersama yang dibuat tanggal 28 April 2022 nomor 1236/OD.02/ DPRD 02/HUB.03.10.03/PEMOTDA tentang pembentukan daerah persiapan Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Tasela), Kabupaten Cianjur Selatan dan Kabupaten Garut Utara.

Dalam persetujuan bersama itu, DPRD dan Gubernur Jawa Barat bahkan akan memberikan bantuan dana dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah kepada Tiga calon DOB selama tiga tahun berturut-turut terhitung sejak ditetapkan sebagai daerah persiapan otonom baru.

Dalam pertujuan bersama itu, ada 10 kecamatan yang nantinya masuk dalam Daerah Otonom Baru yakni Kecamatan Cipatujah, Karangnunggal, Cikalong, Pancatengah, Cikatomas, Cibalong, Parungponteng, Bantarkalong, Bojongasih dan Culamega. Sedangkan untuk ibukota Kabupatennya berada di Kecamatan Karanunggal.

Baca Juga: 15 Negara Eropa Desak Israel Stop Rencana Bangun 4 Ribu Pemukiman Ilegal

Adanya persetujuan bersama itu, masyarakat Tasikmalaya Selatan (Tasela) menyambut dengan rasa syukur. Mereka berharap, setiap tahapan yang dilakukan dalam pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Tasela berjalan dengan lancar.

"Alhamdulilah kalau DPRD dan Gubernur sudah setuju. Tahapannya berjalan lancar dan semoga secapatnya bisa terlaksana, "kata Ujang salah satu warga Cipatujah, Sabtu 14 Mei 2022.

Epik salah satu warga Bojongasih menambahkan, pihaknya berharap proses pembentukan DOB Tasela berjalan dengan lancar. Sehingga, pemekaran bisa sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Mengingat saat ini, warga Tasela masih banyak yang belum menikmati infrastruktur dengan layak, baik itu jalan maupun infrastruktur kesehatan dan lainnya. Kalau sudah DOB kan pelayanan akan lebih dekat," ujar Epik.

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Anime Berlatar Seperti Weathering with You

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:16 WIB

PMK Merebak, Pemkab Tasik Belum Beri Stimulan

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:05 WIB
X