Eks Pejabat Kemendagri Luruskan Salah Sangka Proses Mutasi ASN Pemkot Bekasi

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:13 WIB
Mantan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono. (Ayoindonesia.com/ist)
Mantan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono. (Ayoindonesia.com/ist)

BEKASI, AYOINDONESIA.COM - Mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kemendagri, Soni Sumarsono menjelaskan mengenai mekanisme mutasi yang terjadi di tubuh Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot Bekasi). 

Dia mengatakan proses mutasi adalah bagian dinamika tata laksana dalam pemerintahan. Sudah barang tentu hal itu guna menjamin pelayanan yang maksimal untuk masyarakat.

Hal ini seperti yang dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto beberapa waktu lalu yang meminta izin kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Wakil.

Baca Juga: Final Piala Thomas 2022 : Hadapi India, Indonesia Wajib Ekstra Kerja Keras

Tri berkirim surat kepada Ridwan Kamil melalui surat Seretaris Daerah nomor 2039/KPG.07/BKD tanggal 08 April 2022 tentang konsultasi izin tertulis alih tugas Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemkot Bekasi.

Menurut Soni, izin perlu dilakukan kepada gubernur jika kepala daerah bersangkutan seorang plt. Namun jika pejabat terkait definitif, maka izin melalui gubernur itu tidak perlu dilakukan.

Artinya yang sudah dilakukan Tri sesuai dengan mekanisme yang berlaku karena posisinya selepas ditinggal Rahmat Effendi adalah plt. 

Baca Juga: Viral di TikTok Perempuan Mengatai Ibu-ibu 'Bacot' di Pesawat, Banjir Hujatan 

"Perbedaan mutasi yang dilakukan oleh kepala daerah definitif dengan pelaksana tugas adalah, kalau definitif itu tidak perlu izin sana sini, terkecuali untuk esselon 2. Sementara kalau plt tambah syarat, harus ada rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan persetujuan Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Barat," ucap Soni Sumarsono, di kediamannya, Sabtu, 14 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Anime Berlatar Seperti Weathering with You

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:16 WIB

PMK Merebak, Pemkab Tasik Belum Beri Stimulan

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:05 WIB
X