Bersama Bupati, DEFEND ID Tebar Tanaman Produktif di Kabupaten Subang

- Jumat, 20 Mei 2022 | 18:02 WIB
Bersama Bupati, DEFEND ID Tebar Tanaman Produktif di Kabupaten Subang
Bersama Bupati, DEFEND ID Tebar Tanaman Produktif di Kabupaten Subang

AYOINDONESIA.COM--Holding DEFEND ID memberikan bantuan 5.000 tanaman produktif ke Pemerintah Kabupaten Subang. Bantuan diserahkan oleh Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) DEFEND ID kepada Bupati Subang H. Ruhimat di Talaga Sunda Subang pada Kamis, 19 Mei 2022.

Bantuan ini dalam rangka melaksanakan program prioritas CSR Kementerian BUMN tentang pelestarian lingkungan hidup, serta mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bidang lingkungan hidup, dan upaya mensukseskan program tanam tiga juta pohon Pemerintah Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya, Bupati Subang H. Ruhimat menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Subang sedang melakukan pembangunan beberapa ruas jalan yang diharapkan dapat disertai dengan tanaman-tanaman produktif. Pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dari jajaran BUMN Industri Pertahanan ini.

“Ini merupakan kali kedua BUMN DEFEND ID di Kabupaten Subang, setelah beberapa waktu lalu melakukan penanaman pohon mangrove di Kecamatan Legon. Luar biasa, kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan penghijauan DEFEND ID di Kabupaten Subang. InsyaAllah saya percaya ini bukan hanya seremonial tapi sungguh-sungguh dari DEFEND ID, karena telah dilakukan beberapa kali,” ungkap H. Ruhimat.

Selain itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dodit Ardian Prapanca menyampaikan, ketika berbicara penanaman dan penghijauan maka yang pertama adalah menjaga tata ruang. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Subang.

“Mari kita dukung penanaman dan penghijauan ini. Selain itu, mari kita gerakkan dengan dinas pendidikan agar anak-anak, putra-putri kita ikut dalam acara penanaman pohon sehingga ada semangat dalam diri mereka, ini pohon yang dulu saya tanam. Kami akan mendukung program-program penanaman yang dilaksanakan oleh Bupati Subang,” ujar Dodit.

Sementara itu, Koordinator TJSL DEFEND ID Donny Gunawan menyampaikan bahwa menanam adalah melawan (pemanasan global). Menurutnya, Kabupaten Subang merupakan berlian yang memiliki berbagai macam potensi namun belum digosok, dan penanaman 5.000 pohon ini adalah upaya untuk membantu menggosok berlian tersebut.

“Menanam adalah melawan pemanasan global yang saat ini sudah kita rasakan, pemanasan global sudah bukan wacana, namun sudah terjadi. Tentu saja kita harus melawan pemanasan global, efek rumah kaca, dekarbonisasi, dan tentu saja deforestasi. Alam yang indah ini bukan warisan kita dari leluhur, namun titipan anak cucu kita,” ungkap Donny.

Donny juga menjelaskan terkait Holding DEFEND ID. Pada 20 April 2022 lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir, meresmikan Holding DEFEND ID di PT PAL Indonesia. Holding ini beranggotakan PT PINDAD, PT DIrgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT DAHANA, dan PT Len Industri (Persero) sebagai induk holiding.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Terkini

X