Antrian Haji di Kabupaten Bandung Barat Makin Panjang, Capai 21 Tahun

- Rabu, 25 Mei 2022 | 13:41 WIB
Ilustrasi haji. (Pexel)
Ilustrasi haji. (Pexel)

AYOINDONESIA.COM- Kebijakan pembatasan jumlah jamaah haji yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi membuat masa pemberangkatan jamaah asal Bandung Barat makin panjang.

Data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bandung Barat, saat ini ada sekitar 22.000 calon jamaah haji masuk dalam waiting list atau daftar tunggu keberangkatan haji tahun ini. Mereka harus menunggu hingga 21 tahun untuk bisa berangkat ke Tahan Suci.

"Jumlahnya ada sekitar 22.000 waiting list. Adapun masa tunggu pemberangkatan mencapai 21 tahun," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag KBB, Didin Saepudin, Rabu 25 Mei 2022.

Baca Juga: Temperatur di Arab Saudi Capai 50 Derajat Celcius Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji 

Makin panjangnya masa tunggu pemberangkatan jamaah haji Bandung Barat diakibatkan karena pembatasan kuota oleh Pemerintah Arab Saudi. 

Terbaru, Negeri Minyak itu mengeluarkan kebijakan melarang orang di atas 65 tahun melakukan haji. Selain usia jemaah berisiko tinggi, dikategorikan orang memiliki penyakit parah seperti kanker aktif atau gangguan organ, juga akan dibatasi untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan haji. 

Dengan adanya kebijakan ini Kemenag KBB harus betul-betul menyeleksi kembali calon jamaah haji. Misalnya, usia suami di atas 65 tahun, sementara istri di bawah. Alhasil hanya istrinya saja yang berangkat.

 Baca Juga: 2.531 Calon Jamaah Haji Tak Lakukan Pelunasan, Akan Digantikan Cadangan

"Itu kan kendala. Ada orang tuanya berangkat, tapi anaknya tidak. Anaknya ikut mendaftar itu kan ingin mendampingi orang tuanya. Tapi orang tuanya terkendala usia, itu juga jadi kendala," bebernya.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X