Profil Tjahjo Kumolo Lengkap dengan Jejak Karier dan Riwayat Pendidikannya

- Jumat, 1 Juli 2022 | 12:22 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan  Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). Raker tersebut membahas RAPBN 2020 dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww. (NOVA WAHYUDI)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). Raker tersebut membahas RAPBN 2020 dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww. (NOVA WAHYUDI)

Informasi tentang Profil Tjahjo Kumolo Lengkap dengan Jejak Karier dan Riwayat Pendidikannya akan dibagikan dalam artikel ini. 

AYOINDONESIA.COM -- Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022. Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Tjahjo Kumolo lahir pada 1 Desember 1957. Ia merupakan politikus yang di akhir hayatnya masih menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB

Tjahjo Kumolo dilantik sebagai Menpan RB sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Baca Juga: Naskah Khutbah Idul Adha 2022 Singkat dan Padat, bisa Didownload Format PDF

Jejak Karik Tjahjo Kumolo

Sebelum menjabat posisi menteri, Tjahjo Kumolo terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014. Ia berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I.

Tjahjo Kumolo pun menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Karena kinerjanya, Megawati Soekarnoputri mendapuk Tjajo Kumolo sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015. Sebelumnya ia pun pernah duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X