Kloter Haji Terakhir Kabupaten Tasikmalaya Berangkat ke Tanah Suci Hari Ini

- Jumat, 1 Juli 2022 | 17:36 WIB
Kloter Haji Terakhir Kabupaten Tasikmalaya Berangkat ke Tanah Suci Hari Ini (Irpan Wahab Muslim)
Kloter Haji Terakhir Kabupaten Tasikmalaya Berangkat ke Tanah Suci Hari Ini (Irpan Wahab Muslim)



TASIKMALAYA, AYOINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bersama Kementerian Agama (Kemenag) kembali melepas jemaah haji ke tanah suci. Kini kloter 43 yang merupakan kelompok terakhir dari Kabupaten Tasikmalaga yang berjumlah 151 orang diberangkatkan, Jumat 1 Juli 2022 sore.

Dalam rombongan haji tersebut bergabung dengan kloter haji dari Kota Tasikmalaya dan jumlah keseluruhan ada 404 ditambah petugas haji 6 orang dengan total menjadi 410 orang.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah PHU Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Yayat Kardiyat mengatakan, untuk kloter 43 ini, merupakan rombongan ketiga setelah sebelumnya dua kloter 18 dan 37 sudah berangkat pada 14 Juni dan 28 Juni lalu.

"Dan yang rombongan ketiga ini kloter 43, ada 151 jemaah haji kabupaten Tasik bergabung dengan kloter jemaah haji dari Kota Tasikmalaya, jadi jumlahnya ada 404, ditambah petugas haji enam orang," kata Yayat.

Baca Juga: Pencairan KJP Plus Juli 2022 Sebentar Lagi, Ini Prediksi Jadwal Kapan Dana Cair?

Yayat menyebutkan, untuk ibadah haji tahun ini, tidak ada jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya yang batal berangkat. Dipastikan semua kloter termasuk yang terakhir ini kloter 43 berangkat ke tanah suci.

"Tidak ada yang batal, Alhamdulillah semua bisa berangkat, untuk jumlah 674 jemaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya. Yang dibagi menjadi tiga kloter. Mudah-mudahan lancar, tidak ada kendala sampai kembali ke Indonesia," ungkap Yayat.

Zaenal Abidin salah satu jemaah haji mengatakan, ia sangat bersyukur masuk dalam kelompok keberangkatan haji tahun ini. Setelah sebelumnya, selama dua tahun pada  masa pandemi Covid-19 tidak ada keberangkatan haji.

"Alhamdulilah, bisa berangkat tahun ini. Saya nunggu 10 tahun untuk berangkat. Saya bahagia bisa berangkat," ucap Zaenal Abdin.

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X