Youth Camp Tolerance Ajak Komunitas Lintas Iman Semaikan Nilai-Nilai Keberagaman

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:41 WIB
Youth Camp Tolerance Ajak Komunitas Lintas Iman Semaikan Nilai-Nilai Keberagaman (Irpan Wahab Muslim/Ayoindonesia.com)
Youth Camp Tolerance Ajak Komunitas Lintas Iman Semaikan Nilai-Nilai Keberagaman (Irpan Wahab Muslim/Ayoindonesia.com)

TASIKMALAYA, AYOINDONESIA.COM - PC PMII Kota Tasikmalaya menggelar acara Youth Camp Tolerance yang digelar di Pasir Pataya Kecamatan Cibeureum 2-3 Juli kemarin. Kegiatan yang melibatka seluruh organisasi/komunitas lintas iman ini digelar untuk menyemaikan nilai-nilai keberagaman antar umat beragama sebagai modal kekuatan bersama untuk menyongsong kehidupan yang lebih berkebhinekaan demi menjaga keutuhan NKRI.

Diharapkan, Youth Camp Tolerance bisa menjalin persaudaraan yang lebih utuh dan kokoh antar sesama umat manusia tanpa terganggu oleh embel-embel perbedaan satu sama lain. Acara ini juga di proyeksikan agar peserta kegiatan bisa saling mengenal satu sama lain mengenai ideologi, budaya dan lainnya.

“Sehingga bisa memahami perbedaan satu sama lain dan menjadikan perbedaan itu sebagai rahmat dari tuhan,” kata Muhaemin Abdul Basit Ketua PC PMII Kota Tasikmalaya baru baru ini.

Kegiatan ini didedikasilan sebagai langkah untuk menjaga marwah daerah, bahwa dari 10 tahun terakhir di Propinsi Jawa Barat terlebih wilayah  Priangan timur (Priatim) dan Kota Tasikmalaya yang menyandang sebagai kota intoleran sudah tidak ada lagi dan bisa dibantahkan.

Baca Juga: Toleransi Bikin Adem, Angkatan Muda Gereja di Ternate Bagikan Alas Sholat Id untuk Jamaah

“Karena sudah terbukti, dengan kegiatan youth camp ini para pemuda lintas agama bisa berkumpul dengan riang gembira membicarakan visi kemanusiaan di hari ini dan masa depan,” ucap Muhaemin.

Muhaemin menambahkan, acara ini dapat membantu menyamakan persepsi bahwa di tahun-tahun yang akan datang kita harus bersama-sama menangkis isu Suku, Agama, Ras, Antar golongan (SARA) yang nantinya bukan tidak mungkin digulirkan oleh kelompok elite berkepenting pada momentum Pilpres, Pilkada & Pileg.

“Tentunya itu berpotensi merusak kerukunan ditengah masyarakat dan menyebabkan disintegrasi bangsa,” ujar Muhaemin.

 

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X