Komisi Informasi Jabar Launching E-Monev Keterbukaan Informasi Publik

- Senin, 22 Agustus 2022 | 13:05 WIB
Komisi Informasi Jabar Launching e_Monev Keterbukaan Informasi Publik. (Mahi Hikmat)
Komisi Informasi Jabar Launching e_Monev Keterbukaan Informasi Publik. (Mahi Hikmat)

BANDUNG, AYOINDONESIA.COM -- Komisi Informasi Jawa Barat secara resmi meluncurkan E-Monev (Elektronik Monitoring dan Evaluasi) Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 untuk Badan Publik di Jawa Barat, Senin (22/8/2022).

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik dengan rujukan Perda 11 tahun 2011 dan Perki 1 tahun 2022 tentang Monev yang akan dimulai Agustus 2022.

Peluncuran e-monev dilakukan Asda Pemerintahan & Kesra Pemprov Jabar Dewi Sartika dengan disaksikan, Sekretaris Komisi I DPRD Jabar Sadar Muslihat, Kepala Diskominfo Ika Mardiah, dan Ketua KI Jabar Ijang Faisal, di Gedung Sate.

Menurut Ijang, digitalisasi monev dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan sekaligus mengejar peringkat pertama IKIP (Indeks Keterbukaan Informasi Publik) 2022 se-Indonesia.

“Jangan sampai IKIP Jabar sudah rangking satu se-Indonesia tapi monev-nya tidak bagus. Kita harus terus meningkatkan pelayanan di tengah berbagai tuntutan publik,” katanya saat memberi sambutan di hadapan puluhan PPID (Petugas Pelayanan Informasi Daerah) di lingkungan Pemprov Jabar.

Sementara itu, Asda 1, Dewi Sartika mengatakan, kemajuan peringkat IKIP sebagai pencapai yang harus diapresiasi setelah sebelumnya meraih rangking empat di IKIP 2021.

“Kami sambut baik adanya e-monev karena digitalisasi adalah keniscayaan. Kalau hari ini tidak digital, maka tidak akan ke mana-mana,” katanya.

Menurut dia, Pemprov Jabar akan terus mendorong PPID agar terus transparan kepada publik. Terlebih, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selalu menekankan tegaknya integritas dalam melayani masyarakat.

Sekretaris Komisi 1 DPRD Jabar, H. Sadar Muslihat mengapresiasi beberapa program dan kinerja KI Jabar, “Kita menginginkan Jabar juara itu bukan hanya tingkat provinsi saja, tapi juga seluruh kabupaten dan kota serta di internal OPD masing-masing.”

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X