Diguyur Hujan Deras, di Sejumlah Titik Tasikmalaya Terjadi Bencana

- Senin, 12 September 2022 | 13:15 WIB
Bencana banjir dan longsor terjadi paska hujan Deras Minggu Sore (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)
Bencana banjir dan longsor terjadi paska hujan Deras Minggu Sore (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

TASIKMALAYA, AYOINDONESIA.COM -- Hujan deras yang terjadi sejak Minggu, 11 September 2022 sore hingga Senin 12 September 2022 dini hari menyebabkan terjadinya bencana di beberapa titik di Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan data FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, bencana mulai dari longsor hingga banjir terjadi di lima titik. Di antaranya, banjir merendam Perum Griya Abadi Cisayong akibat luapan aliran Sungai Citanduy.

Ketinggian air mencapai kurang lebih 50-70 cm, yang mengakibatkan jebolnya benteng, beberapa rumah tergenang, lapisan aspal tergerus, dan area pertanian terendam.

Banjir juga terjadi di wilayah Cisayong. Merendam Pagendingan - Jatihurip- Cisayong. Banjir berasal dari luapan sungai Cidadap, ketinggian mencapai kurang lebih 150 cm. Akibatnya puluhan kolam ambrol, 4 rumah tergenang dan 2 rusak sedang.

Bencana lainnnya, yakni longsor menimpa rumah di Perum Cikunir Kencana Raya Blok G - Cikadongdong, Kecamatan Singaparna. Longsor, disebabkan oleh kontur tanah yang tidak stabil, sehingga 4 rumah terancam.

Bencana longsor juga menimpa Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di Cijemit Rt/Rw 003/001 Desa Bugel, Kecamatan Ciawi.

Selain bencana longsor dan banjir, bencana angin kencang dan hujan deras terjadi di daerah Dawagung-Rajapolah, yang mengakibatkan ruhtuhnya pohohn bambu dan menimpa fasilitas umum atau jalan raya serta jaringan listrik.

Baca Juga: Saksi Tidak Datang, Sidang Doni Salmanan Ditunda. Kuasa Hukum Doni Kecewa

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya menuturkan, pihaknya menyiagakan relawan dan anggota Tagana di beberapa lokasi sebagai langkah antisipasi bencana akibat intensitas hujan yang tinggi.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X