3 Peran Nota dalam Kegiatan Jual Beli Sebuah Usaha

- Jumat, 23 September 2022 | 07:27 WIB
Pengertian, keunggulan, dan fitur-fitur program akuntansi. (Pixabay/Mohamed Hassan)
Pengertian, keunggulan, dan fitur-fitur program akuntansi. (Pixabay/Mohamed Hassan)

Bagi Anda yang berbisnis atau kerap melakukan aktivitas jual beli, nota penjualan tentu bukan istilah yang asing. Lembaran kertas ini umumnya ada setiap kali Anda selesai melakukan transaksi. Di dalamnya terdapat berbagai informasi terkait jual beli yang dilakukan mulai dari nama barang, jumlah hingga harganya. Salah satu jenis nota yang dikenal di pasaran adalah nota kontan.

Apa itu Nota?

Nota adalah sebuah catatan penting yang banyak digunakan oleh bisnis, sebab nota dijadikan sebagai alat bukti pembayaran yang sah pada setiap terjadinya transaksi. Bukti pembayaran tersebut akan diberikan kepada pihak pembeli sebagai tanda terima saat transaksi jual beli.

Sebab, jika ada permasalahan terkait barang yang dijual misalnya barang yang dibeli tidak sesuai atau barang tersebut rusak.

Pembeli bisa mengajukan pengembalian barang dengan menggunakan nota tersebut. Tapi nota sendiri punya berbagai macam jenis, untuk tahu lebih lengkapnya simak artikel sampai selesai ya.

Peran Nota dalam Kegiatan Jual Beli Sebuah Usaha

Sebenarnya, nota memiliki fungsi yang cukup penting, baik bagi pihak pemilik usaha ataupun pembeli. Pasalnya, nota dapat menjadi bukti telah terjadinya transaksi antara kedua belah pihak tersebut. Umumnya, nota dibuat langsung setelah terjadi persetujuan transaksi antara pihak penjual dengan pembeli. Beberapa fungsi nota yaitu:

  1. Catatan Barang dan Jasa

Fungsi utama dari nota adalah sebagai catatan dari jenis barang atau jasa yang telah dibeli oleh konsumen. 

  1. Menunjukkan Rincian Harga

Nota juga dapat menunjukkan harga barang dari kegiatan transaksi yang sudah dilakukan sehingga proses jual beli terjadi dengan lebih terbuka. Dengan begitu, jika diketahui terdapat salah perhitungan yang disengaja atau tidak dalam transaksi tersebut, kedua pihak dapat menjadikan nota sebagai barang buktinya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Terkini

Bogasari Raih Penghargaan Manajemen Energi Tingkat Dunia

Selasa, 27 September 2022 | 15:47 WIB

Ratusan Ekor Ayam di Kabupaten Kuningan Mati Dilalap Api

Senin, 26 September 2022 | 16:02 WIB

Bank BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:25 WIB
X