Buktikan Diri Memang Juara, Jabar Raih Penghargaan IKIP Terbaik Pertama

- Jumat, 23 September 2022 | 10:56 WIB
Jabar Raih Penghargaan IKIP Terbaik Pertama. (Mahi Hikmat.)
Jabar Raih Penghargaan IKIP Terbaik Pertama. (Mahi Hikmat.)

AYOINDONESIA.COM -- Provinsi Jawa Barat kembali membuktikan diri sebagai Provinsi Juara dengan meraih Penghargaan sebagai Provinsi Terbaik sekaligus Tertinggi dalam Pencapaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Tahun 2022.

Penghargaan dari Komisi Informasi Pusat langsung diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Dr. Ika Mardiah dan didampingi Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat, Almaida Rosa Putra serta Ketua Komisi Informasi Jawa Barat Dr. Ijang Faisal, M.Si.

Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Provinsi Jawa Barat tahun 2022 meningkat dari tahun sebelumnya. Pada 2021, Provinsi Jawa Barat berada pada posisi keempat dengan pencapaian IKIP 78,56. Pada 2022 pencapaian IKIP Provinsi Jawa Barat melejit melampaui nilai IKIP Nasional yang hanya 74,43. IKIP Provinsi Jawa Barat mencapai 81,93 dan masuk kategori baik yang diikuti Bali 80,99, sedangkan 32 provinsi lainnya masuk kategori sedang, dan satu provinsi kategori buruk.

Dalam testimoninya, Kadis Kominfo Jawa Barat, Ika Mardiah mengatakan, prestasi IKIP Jawa Barat merupakan hasil kolaborasi sangat baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Diskominfo Jawa Barat dan Komisi Informasi Jawa Barat yang didukung sepenuhnya oleh DPRD Jawa Barat.

Baca Juga: BSU Tidak Cair? Mungkin Ini Penyebab Serta Solusinya

“Kami bersama-sama melakukan berbagai penguatan peningkatan kapasitas PPID. Bapak Gubernur pun memberikan dukungan dari sisi kelembagaan dan anggaran, sehingga semuanya bisa optimal,” tambahnya.

Menurut Ika Mardiah, berbagai bentuk kegiatan guna meningkatkan literasi masyarakat dan Badan Publik di Jawa Barat tentang implementasi Keterbukaan Informasi Publik diselenggarakan dalam kolaborasi.

“Kami selalu berkolaborasi dalam peningkatan kapasitas PPID, agenda kegiatan tahunan, peningkatan fasilitas pelayanan informasi, termasuk bagi penyandang disabilitas melalui rapat koordinasi, workshop, bimtek, uji konsekuensi, advokasi dan sosialisasi, termasuk dengan kabupaten dan kota,” jelas Ika Mardiah.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Ijang Faisal pun tampak berbangga hati dengan peraihan nilai IKIP Provinsi Jawa Barat Terbaik dan Tertinggi dalam kategori baik dengan nilai 81,93.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bogasari Raih Penghargaan Manajemen Energi Tingkat Dunia

Selasa, 27 September 2022 | 15:47 WIB

Ratusan Ekor Ayam di Kabupaten Kuningan Mati Dilalap Api

Senin, 26 September 2022 | 16:02 WIB

Bank BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:25 WIB
X