E Filing: Pengertian, Manfaat, Cara Menggunakan, dan Rekomendasi

- Selasa, 27 September 2022 | 18:16 WIB
Para Wajib Pajak melaporkan SPT pajak dengan memanfaatkan aplikasi e-filing. (Hallosultra/Dok.Kemenkeu @Lutfi)
Para Wajib Pajak melaporkan SPT pajak dengan memanfaatkan aplikasi e-filing. (Hallosultra/Dok.Kemenkeu @Lutfi)

AYOINDONESIA.COM-E filing dapat digunakan para wajib pajak untuk melaporkan berbagai jenis pajak SPT. Berbagai kemudahan dapat diperoleh jika menggunakan fitur ini.

Setiap pihak wajib pajak wajib melaporkan maupun membayar pajak SPT sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Cara melaporkan pajak SPT kini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis menggunakan aplikasi atau fitur e filing.

Lapor pajak online melalui fitur ini memang disarankan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). DJP bahkan memberikan layanan pelaporan pajak secara online dan real time melalui website DJP Online yang dapat diakses oleh semua wajib pajak terdaftar.

Selain itu, layanan fitur e filing juga disediakan oleh PJAP (Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan) resmi dan terpercaya yang sudah menjalin kerja sama sebagai mitra DJP. Simak informasi lebih lengkap tentang layanan e filing melalui artikel di bawah ini!

Definisi dan Pengertian E Filing

Dulu para wajib pajak harus datang ke kantor pelayanan pajak terdekat ketika ingin melaporkan maupun membayar pajak. Pelaporan pajak secara offline seperti itu dianggap kurang efektif dan efisien karena memerlukan biaya, waktu, dan tenaga lebih besar.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, DJP melakukan inovasi sistem pembayaran maupun pelaporan pajak. Inovasi tersebut berbentuk sistem online dan real time berupa berbagai layanan atau fitur perpajakan.

Keputusan tersebut disampaikan ke dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-88/PJ/2004 tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan secara Elektronik. Selain itu, ada pula Surat Keputusan KEP-05/PJ/2005 tentang Tata Cara Penyampaian SPT secara Elektronik.

E filing adalah salah satu bentuk layanan fitur perpajakan online dan real time berupa sistem pelaporan SPT elektronik yang dapat digunakan oleh semua pihak wajib pajak terdaftar. Sistem pelaporan SPT elektronik ini disediakan langsung melalui DJP Online.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X