Sosialisasi Tim PPK UKM Gemapita Unej: Bentuk Rumah Baca Berbasis Kehutanan di Desa Suci, Panti, Jember

- Selasa, 27 September 2022 | 21:36 WIB
Sosialisasi tim PPK UKM Gemapita Unej di Desa Suci, Panti, Jember
Sosialisasi tim PPK UKM Gemapita Unej di Desa Suci, Panti, Jember

AYOINDONESIA.COM – Desa Suci merupakan desa yang terletak di lereng selatan gunung Argopuro. Terdapat beberapa daerah di desa Suci yang masih belum terjangkau oleh sinyal maupun listrik. Kondisi tersebut menyebabkan akses masyarakat sekitar untuk mendapatkan informasi maupun pengetahuan masih cukup terbatas, sehingga dapat dikatakan budaya literasi di desa Suci masih rendah. Desa Suci hanya memiliki satu perpustakaan yang terletak di kantor desa dan pemanfaatannya juga masih minim karena lokasinya yang terlalu jauh. Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim PPK Ormawa GEMAPITA Universitas Jember mendirikan rumah baca berbasis kehutanan karena di desa Suci kaya akan sumber daya alamnya" Ujar Ana Wardatul Jannah selaku ketua tim.

Dari hasil sosialisasi Tim PPK Ormawa GEMAPITA pada tanggal 22 Juli 2022 dapat diketahui bahwa 5 Rumah baca yang akan dibangun berbasis kehutanan dengan memanfaatkan alam untuk menambah pengetahuan masyarakat desa. Rumah baca tersebut bisa di akses oleh semua masyarakat yang berkeinginan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas baik bagi kalangan anak usia dini, remaja, bahkan juga orang tua.

Uniknya konsep rumah baca yang akan dibangun oleh tim PPK Ormawa GEMAPITA Universitas Jember yaitu ditekankan pada pengembangan minat serta bakat yang dimulai dari anak usia dini dan remaja. Hal itu dikarenakan pada anak usia dini berada dalam masa Golden Age (periode penting dalam perkembangan dan menentukan kecerdasan seorang anak) dan remaja merupakan masa yang tepat untuk membentuk karakter serta menanamkan ketertarikan mereka terhadap suatu hal, karena remaja biasanya akan mulai mencari jati diri. 5 rumah baca yang dibangun memiliki karakteristik yang berbeda. Diantaranya yaitu:

  1. Berbasis Kehutanan
  2. Berbasis panjat tebing
  3. Berbasis olahraga arus deras
  4. Berbasis konservasi
  5. Berbasis gunung hutan

Sosialisasi pembangunan rumah baca dihadiri oleh kepala Desa beserta jajarannya, kamtibnas kabinkamtibnas, guru PAUD, Ketua Tim Task Force, Pembina serta perwakilan dari ibu-ibu yang ada di desa Suci.

Rumah baca dibangun di sebelah ruang sekolah PAUD sehingga dapat menjangkau semua kalangan baik itu para anak usia dini ataupun ibu-ibu yang yang ada di daerah tersebut. Perlu diketahui bahwa rumah baca tersebut dibangun di tiga dusun yang ada di desa panti. Tujuan utama dibangunnya rumah baca ini yaitu memupuk kegemaran para anak-anak terhadap budaya literasi sehingga dapat membentuk sumber daya manusia yang unggul serta berwawasan luas. Adanya rumah baca ini tidak luput dari dukungan para aparat desa baik itu bapak kepala desa serta karang taruna dan juga forum anak desa yang membantu dalam terlaksananya kegiatan yang telah dicanangkan oleh tim PPK ormawa gemapita.

Bagaimanapun anak usia dini merupakan kunci agar kelak masa depan bangsa dapat lebih baik karena jika seorang anak telah memiliki motivasi agar dapat memajukan bangsanya. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh para pemuda pemudi yang akan melanjutkan kepemimpinan bangsa.

Informasi lengkap mengenai kegiatan Sosialisasi PPK Ormawa Gemapita FKIP Unej bisa simak video berikut dengan KLIK DI SINI

Editor: Kukuh Tri Laksono

Terkini

X