Gunung Semeru Erupsi, BNPB Beri 5 Himbauan Hingga Pemkab Lumajang Evakuasi Warga dan Hewan Ternak

- Selasa, 6 Desember 2022 | 15:23 WIB
Gunung Semeru Erupsi, BNPB Beri 5 Himbauan Hingga Pemkab Lumajang Evakuasi Warga dan Hewan Ternak (lumajangkab.go.id)
Gunung Semeru Erupsi, BNPB Beri 5 Himbauan Hingga Pemkab Lumajang Evakuasi Warga dan Hewan Ternak (lumajangkab.go.id)

AYOINDONESIA.COM -- Status Gunung Semeru dinaikan 1 level dari level 3 (SIAGA) menjadi level 4 (AWAS) pada Minggu, 4 Desember 2022 per pukul 12.00 WIB kemarin.

Kenaikan status ini disebabkan oleh erupsi Gunung Semeru pada hari yang sama pukul 02.46 WIB.

Erupsi Gunung Semeru ini memiliki ketinggian kolom abu sejauh ±1500 m diatas puncak atau ±5176 m diatas permukaan laut yang terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

Berdasarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hingga pukul 06.00 WIB hari yang sama, erupsi Gunung Semeru telah terjadi sebanyak 8 kali gempa letusan dan 1 kali gempa awan panas guguran (APG).

Baca Juga: 

Tercatat bahwa telah ada 1.979 orang yang telah dievakuasi ke 11 titik aman di sekitar Gunung Semeru dan bersama BNPB Pemerintah Kabupaten Lumajang mengerahkan tim Basarnas, TNI, Polri, relawan dan lintas instansi terkait untuk melakukan upaya penyelamatan, pencarian dan evakuasi.

Dikutip AyoIndonesia melalui laman resmi (Pemkab) Pemerintah Kabupaten Lumajang bahwa masa masa tanggap darurat bencana ditetapkan selama 14 hari, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Lumajang terkait masa tanggap darurat erupsi Gunung Semeru tahun 2022.

"Begitu gunung Semeru naik level, dari level III Siaga ke level IV Awas, Saya sudah menetapkan masa tanggap Darurat selama 14 hari. Artinya, selama 14 hari ini kami semua akan fokus dalam penanganan kedaruratan bencana," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq pada Senin, 5 Desember 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang saat ini telah mendirikan Posko Darurat Penanganan Bencana yang berada di Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro.

Posko Darurat tersebut nantinya akan digunakan oleh petugas gabungan dan relawan untuk melakukan koordinasi terkait penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Septina Ayu Handayani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore! Gaji Guru Honorer Kabupaten Bandung Naik

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:34 WIB
X