Apa Itu NFT? Simak Penjelasan NFT dan Kegunaannya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 18:03 WIB
Apa Itu NFT? Simak Penjelasan NFT dan Kegunaannya (Ilustrasi/Pixabay)
Apa Itu NFT? Simak Penjelasan NFT dan Kegunaannya (Ilustrasi/Pixabay)

AYOINDONESIA.COM - Belakangan ini, bahasan soal NFT ramai mencuat di media sosial. Bahasan semakin ramai ketika sosok pemuda bernama Ghozali berhasil menjual foto-foto selfie-nya di situs penjualan karya digital berbasis NFT, yakni OpenSea.

Dengan titel "Ghozali Everyday", foto-foto remaja tersebut berhasil meraup miliaran rupiah. Bagaimana bisa terjadi? Simak penjelasan soal NFT berikut ini, dilansir dari Suara.com, Kamis 13 Januari 2022.

NFT atau Non Fungible Token sebenarnya sudah mulai populer pada tahun 2017, saat game NFT pertama kali diluncurkan yaitu CryptoKitties. CryptoKitties sendiri merupakan game berbasis blockchain Ethereum yang memungkinkan para pemainnya untuk mengadopsi, memelihara, dan memperdagangkan kucing virtual. Pasar NFT ternyata telah mengalami perkembangan pesat mulai akhir Januari 2021.

Baca Juga: Pengertian NFT dan Cara Mendapatkannya usai Ghozali Everyday Viral Jual Foto Selfie Seharga 13 Miliar

Apa Itu NFT?

Pada dasarnya, NFT adalah sebuah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain, yang tidak jauh berbeda dengan beberapa aset mata uang kripto. Hanya bedanya, NFT tidak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Non-Fungible Token (NFT) merupakan sebuah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain, di mana data ini berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya.

Apa kegunaan NFT?

NFT menawarkan keamanan yang dibutuhkan untuk karya seni yang dipublikasikan secara online, di mana konten dapat disebar bebas dan dapat diklaim dengan mudah, dan menyebabkan kerugian bagi pembuatnya.

Baca Juga: Cara Membuat Akun OpenSea, Marketplace NFT Tempat Ghozali Everyday Jual Foto Selfie Seharga 13 Milyar

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah Agar Baterai HP Kamu Awet Tahan Lama

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:01 WIB
X